PROGRAM KERJA HIMPUNAN ALUMNI
AL-AZHAAR (HILAL) PUSAT
A.
Ketua Umum
·
Melaksanakan
fungsi leader dan manajerial
·
Memimpin
terlaksananya seluruh program organisasi
·
Menanda tangani
surat-surat keluar dan internal organisasi
·
Menghadiri
pertemuan dan rapat – rapat di luar organisasi atas nama Himpunan Alumni
Al-Azhaar.
·
Memimpin rapat
mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan, dan atau rapat yang diadakan secara
khusus untuk kepentingan organisasi.
·
Melakukan control
dan pengawasan terhadap pelaksanaan program wakil ketua, sekretaris, bendahara
dan departemen – departemen.
·
Memimpin
terselenggaranya evaluasi bulanan, semsteran dan tahuanan.
·
Mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) dalam rangka pemilihan pengurus
baru yang dilaksanakan setiap akhir masa jabatan.
B.
Wakil Ketua
Umum
·
Membantu Ketua
Umum dalam melaksanakan fungsi leader dan manajerial
·
Mewakili Ketua
Umum menghadiri rapat – rapat internal maupun eksternal
·
Mendampingi
Ketua Umum dalam melakukan control dan pengawasan terhadap pelaksanaan program –
program seluruh bagian.
·
Mendampingi
Ketua Umum melakukan evaluasi pelaksanaan program kerja
·
Membantu Ketua
Umum melaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) Hilal.
C.
Ketua 1
·
Mengkoordinasi
pelaksanaan program Hilal Korda Palembang
·
Memberikan
informasi – informasi program dan kebijakan Hilal Pusat kepada Koordinator
Daerah.
·
Mengkomunikasikan
pelaksanaan program yang dilaksanakan secara bersamaan antara pusat dan daerah
·
Membantu ketua
dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda)
D.
Ketua 2
·
Mengkoordinasi
pelaksanaan program Hilal Korda Palembang
·
Memberikan
informasi – informasi program dan kebijakan Hilal Pusat kepada Koordinator
Daerah.
·
Mengkomunikasikan
pelaksanaan program yang dilaksanakan secara bersamaan antara pusat dan daerah
·
Membantu ketua
dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda)
E.
Ketua 3
· Mengkoordinasi pelaksanaan program Hilal Korda Palembang
· Memberikan informasi – informasi program dan kebijakan Hilal Pusat
kepada Koordinator Daerah.
· Mengkomunikasikan pelaksanaan program yang dilaksanakan secara
bersamaan antara pusat dan daerah
· Membantu ketua dalam pelaksanaan Musyawarah Daerah (Musda)
F.
Sekretaris Umum
· Mengelola tata arsip surat keluar dan masuk
· Mengonsep surat menyurat atas nama organisasi serta mendatanganinya
bersama Ketua Umum.
· Menjadi Notulen pada setiap rapat yang diadakan oleh organisasi.
· Mewakili Ketua dan Wakil Ketua Umum pada kegiatan eksternal apabila
Ketua dan Wakil Ketua Umum berhalangan.
· Menyerahkan informasi – informasi penting hasil rapat kepada
Departemen Infomasi dan Komunikasi untuk dipublikasikan.
G.
Wakil
Sekretaris Umum
· Membantu sekretaris melakukan tata kelola arsip
· Membantu sekretaris dalam membuat konsep surat menyurat.
· Menjadi notulen rapat apabila sekretaris berhalangan
H.
Bendahara Umum
· Mencatat keuangan masuk dan keluar
· Mengelola penggunaan keuangan baik bersumber dari internal maupun
eksternal
· Membuat laporan keuangan secara berkala, baik bulanan, semsteran
dan tahunan
· Mempertanggung jawabkan penggunaan keuangan di hadapan seluruh
pengurus dan anggota organisasi
I.
Wakil Bendahara
Umum
o Mencatat keuangan masuk dan keluar
o Mengelola penggunaan keuangan baik bersumber dari internal maupun
eksternal
o Membuat laporan keuangan secara berkala, baik bulanan, semsteran
dan tahunan
o Mempertanggung jawabkan penggunaan keuangan di hadapan seluruh
pengurus dan anggota organisasi
J.
Departemen
Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kaderisasi
Ø Melaksanakan pendidikan dan latihan kepemimpinan
Ø Melaksanakan seminar – seminar dan training
Ø Melakukan pemetaan kompetensi alumni dan mengelompokkannya sesuai
bidang keahlian dan tujuan hidupnya
Ø Memotivasi dan mendorong alumni untuk eksis dalam berbagai
organisasi kampus dan masyarakat.
K.
Departemen
Informasi dan Komunikasi
Ø Memberikan informasi secara kontinyu melalui blog; himpunanalumni.blogspot.com. setiap pelaksanaan program.
Ø Mencari dan menggali informasi tentang dunia kerja, beasiswa dan
dunia pendidikan serta meng-upload-nya ke blog himpunan alumni.
Ø Menjadi media silaturrahmi antar alumni dan mengajak seluruh alumni
bergabung dalam himpunan
L.
Departemen
Kemuslimahan
Ø Melaksanakan taklim kemuslimahan
Ø Membentuk Forum Kajian Fiqih Wanita
Ø Menggagas ide kreatif bagi wanita
M.
Departemen Kajian
Keislaman dan Keilmuan
Ø Melaksanakan diskusi – diskusi ilmiah dan kajian keislaman
Ø Melakukan bedah buku – buku popular dan informative
Ø Melahirkan media pengembangan intelektual berupa bulletin atau
majalah
N.
Departemen
Humas dan Dakwah
Ø Mempublikasikan program dan kegiatan pondok kepada masyarakat, baik
bil lisan, melalui media cetak dan elektronik.
Ø Mempublikasikan kegiatan-kegiatan Hilal kepada masyarakat melalui
media jaringan telekomunikasi, media cetak dan elektronik.
Ø Menginventarisir alumni yang memiliki kemampuan di bidang dakwah
dan memotivasi mereka untuk mengisi kegiatan – kegiatan dakwah internal dan
eksternal.
Ø Membantu mensosialisasikan visi dan misi pondok pesantren
Al-Azhaar.
O.
Departemen
Sosial Budaya
Ø Mengadakan kegiatan social baik rutin maupun insidentil sesuai
situasi
Ø Mengkoordinir pelaksanaan pementasan seni dan budaya pada ajang
reuni tahunan
Ø Memotivasi alumni untuk mengembangkan kreatifitas seni dan budaya
P.
Departemen
Pemberdayaan Ekonomi
Ø Membangun jaringan ekonomi antar alumni
Ø Melaksanakan pameran kreatif pada event- event daerah dan pada
event reuni tahunan
Ø Membangun sikap dan budaya interpreounership antar alumni
Ø Membentuk usaha ekonomi bersama antar alumni.
Ø Mengkuti pameran dan bazaar, baik yang diadakan oleh pihak lain
maupun diadakan sendiri.
Program kerja Hilal ini belum final. Kami sangat mengharapkan masukan dan saran dari para alumni agar kiranya dapat disempurnakan. Kami tunggu partisipasinya sampai pertengahan bulan Januari 2014.
BalasHapusmantaaap
BalasHapus